Saturday, July 30, 2016

SERIAL KOMUNIKASI JAVA DAN ARDUINO

Berjumpa lagi di posting saya kali ini yang akan membuat sebuah program komunikasi antara PC/laptop dengan Mikrokontroler arduino, sistem kerja program ini adalah mengirim data serial dari PC/laptop keperangkat arduino dengan komunikasi serial, apa itu komunikasi serial ??,yaitu komunikasi yang mengirim data per-bit secara berurutan dan bergantian, komunikasi serial tersebut di bagi menjadi dua yaitu :


1. Synchronous serial adalah komunikasi dimana hanya ada satu pihak (pengirim atau penerima) yang menghasilkan clock dan mengirimkan clock tersebut bersama-sama dengan data. Contoh pengunaan synchronous serial terdapat pada transmisi data keyboard.

2. Asynchronous serial adalah komunikasi dimana kedua pihak (pengirim dan penerima) masing-masing menghasilkan clock namun hanya data yang ditransmisikan, tanpa clock. Agar data yang dikirim sama dengan data yang diterima, maka kedua frekuensi clock harus sama dan harus terdapat sinkronisasi. Setelah adanya sinkronisasi, pengirim akan mengirimkan datanya sesuai dengan frekuensi clock pengirim dan penerima akan membaca data sesuai dengan frekuensi clock penerima. Contoh penggunaan asynchronous serial adalah pada Universal Asynchronous Receiver Transmitter (UART) yang digunakan pada serial port (COM) komputer.

setelah sedikit kita pahami tentang komunikasi serial mari kita lajutkan untuk membuat program tersebut dan menuliskan souce code di bawah ini :

source code untuk arduino

proses download sketch arduino


setelah selesai dan dicompile hingga tidak terdapat error maka selanjut nya download ke dalam arduino. Sampai di sini kita sudah siap sampai dengan tahap Hardware nya, jadi kita lanjutkan untuk membuat souce code java dengan NetBeans dan saya tidak akan menuliskan souce code di postingan kali ini tapi saya akan melampirkan project dari netbeans tersebut, di bawah ini adalah contoh program yang telah di jalan kan :

progran java netbeans

dari screen shoot di atas saya akan memberikan sedikit gambaran , pada kolom masukan data adalah untuk memasukan command serial yang akan di kirim ke arduino, pada kolom port adalah untuk mencari port dari serial yang sedang aktif. Dibawah ini adalah contoh video yang saya buat:




silakan di kembangkan program tersebut sehingga bisa lebih canggih lagi. sekian posting saya kali ini apabila ada pertanyaan dan komentar silakan isikan di kolom komentar, untuk source code java bisa di download di link di bawah ini:



2 komentar